dewasa

Apa artinya menjadi dewasa?
Kalau menjadi dewasa artinya harus membuang cita-cita,
berhenti membaca buku dan film yang berisi dongeng,
berhenti melakukan permainan anak-anak,
betapa sempitnya arti sebuah kedewasaan!

Berkali-kali gw mengatakan gw ingin menjadi dewasa, tapi sekarang gw berada dalam kegamangan. Sebenarnya apa arti menjadi dewasa? Ya, bertanggungjawab termasuk di dalamnya, kemudian apa?  Kalau dengan gw melakukan semua hal yang gw tuliskan di atas lantas gw dicap kekanak-kanakan dan tidak dewasa, lalu bagaimana dengan orang yang tidak tepat janji, yang hanya bisa mencela, dan bermuka dua? Apa sebutan mereka? Karena buat gw, orang-orang yang demikianlah yang pantas dikatakan kekanak-kanakan dan bermental kerdil. Tapi nyatanya, bagi beberapa orang, hal-hal tersebut adalah hal yang hanya diperbolehkan dan merupakan indikator menjadi 'dewasa',

Seandainya menjadi diri sendiri merupakan hal yang wajar di masyarakat kita, gw ga akan takut kesepian. Gw ga akan takut sendirian.

No comments:

Post a Comment